APEL SURGAWI

imam_hussain_3w

Imam Hasan as dan Imam Husein as bermain di dekat Rasulullah saw. Pada saat itu Malaikat Jibril as menyerupai manusia sedang bertamu ke Rasulullah saw.

Ketika mereka sudah kelelahan bermain Malaikat Jibril as menawarkan satu buah Apel, satu buah Delima, dan satu buah Quince. Dengan rasa gembira mereka berdua menuju kepada kakeknya dan menunjukkan buah tersebut kepada beliau saw.

Rasulullah saw mencium buah-buah tersebut dan berkata,

Bawalah buah-buah ini ke rumah dan berikan kepada ayah dan ibumu dan aku akan menyusul kalian.”

Mereka kembali ke rumah dan menunjukkan buah-buah itu kepada ayah dan ibu mereka. Imam Ali as tahu bahwa buah-buah ini bukan buah-buah biasa.

Kemudian Rasulullah saw datang ke rumah mereka dan berkata,

Ini adalah buah-buah yang dibawakan oleh Jibril untuk kalian dari Surga.”

Meski buah-buah itu dimakan, buah-buah tersebut kembali utuh lagi seperti semula sampai ketika Rasulullah saw wafat pun buah-buah itu tetap segar dan utuh. Namun setelah syahadahnya Sayidah Fatima az-Zahra as tiba-tiba delimanya hilang dan tidak seorang pun yang tahu kemana delima itu lenyap. Begitu pula sewaktu syahadahnya Imam Ali as buah Quince juga hilang. Akan tetapi buah apel masih tetap utuh dan segar.

Imam Husein as berkata kepada putranya Imam Ali as-Sajad as,

Di hari Asyura Apel surgawi itu bersamaku. Setiap aku merasa kehausan aku menciumnya dan hilanglah rasa hausku. Ketika air sungai Furat ditutup rasa hausku semakin dahsyat dan di saat itulah aku menggigit Apel itu. Dan pada saat itu aku merasa akan terbunuh.”

Imam as-Sajad as berkata,

Setelah syahadah ayahku bau harum Apel itu tercium di tempat syahadahnya. Aku mencari-carinya tapi tidak menemukannya. Setelah itu setiap aku menziarahi makam mulia ayahku aku merasakan bau apel itu. Tentu saja setiap Syi’ah kami yang menziarahi makam Beliau as menjelang subuh dengan niat yang ikhlas maka dia akan merasakan bau apel itu.”


IRIB Indonesia – ENH. Sumber: Sad Pand va Hekayat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s