LELAKI ITU ADALAH AKU

ya_ali_by_ghedo0-d5p5z7t

Suatu hari Imam Ali as sedang duduk dikelilingi para sahabatnya di Najaf.

Beliau lalu bertanya kepada mereka, “Siapa dari kalian yang melihat apa yang sedang aku lihat?

Mereka menjawab, “Apa yang sedang engkau lihat wahai ‘mata Allah’ yang melihat para hamba-Nya?

Imam berkata, “Aku sedang melihat seekor unta yang membawa jenazah, seorang lelaki yang mengendarainya dan seorang pemandu jalannya. Mereka akan mendatangi kalian tiga hari lagi.

Ketika hari ketiga tiba, muncul unta itu dan jenazah yang diikat diatasnya serta dua lelaki yang bersamanya. Mereka berdua mengucapkan salam kepada jamaah. Lalu Amirul Mukminin berkata kepada mereka berdua setelah menjawab salam mereka, “Siapa kalian, dari mana kalian datang, dari mana jenazah ini, dan untuk apa kalian kesini?

Mereka menjawab, “Kami dari Yaman. Adapun jenazah ini adalah ayah kami. Sebelum wafat ia berwasiat kepada kami:

Apabila kamu telah memandikan aku, mengafani aku dan menshalati aku, angkutlah jenazahku ini diatas untaku ke Irak dan kuburkan aku disana, di Najaf.

Amirul Mukminin berkata kepada mereka berdua, “Apakah kalian berdua bertanya kepadanya mengapa?

Mereka berdua berkata, “Ya, kami menanyakan itu kepada ayah kami, dan beliau menjawab, ‘Karena disana (di Najaf) akan dimakamkan seorang lelaki yang seandainya ia memberi syafaat kepada semua orang yang berdiri di hari kiamat pasti syafaatnya diterima Allah.

Seketika Amirul Mukminin as berdiri dan berkata,

“Ayah kalian benar. Demi Allah! lelaki itu adalah aku.”


 

Sumber: Saluuni Qabla an Tafqiduuni, jilid 2 halaman 397-398

Leave a Reply

