Manfaat Puasa Bagi Tubuh

fasting
Berpuasa sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Ulama Islam menyebut puasa sebagai penyembuh penyakit yang ada pada tubuh manusia, memberikan kekuatan kepada jiwa, membersihkan manusia dari naluri kebinatangan, mensucikan jiwa dan membebaskan manusia dari rutinitas. Segala manfaat yang disebutkan oleh ulama itu menjadi sarana bagi kesehatan masyarakat. Tidak terhitung lagi manfaat medis berpuasa dan keuntungannya bagi fisik manusia. Dalam hadis-hadis telah dijelaskan sebagian dari manfaat puasa bagi badan. Sekaitan dengan hal ini, Rasulullah Saw bersabda, “Berpuasalah agar kalian sehat.”

Menurut ilmu kedokteran, berpuasa sangat bermanfaat bagi kesehatan badan. Bahkan di sebagian negara yang tidak punya keyakinan akan puasa, para dokter menggunakan metode “berpuasa” kepada pasiennya selama beberapa jam. Berpuasa pada hakikatnya mengistirahatkan seluruh badan. Sama seperti membersihkan rumah secara keseluruhan, puasa berarti membersihkan seluruh sistem badan manusia. Sebagaimana jantung manusia sesaat bekerja dan sesaat berisitirahat, badan manusia juga setelah 11 bulan bekerja terus menerus juga membutuhkan satu bulan untuk beristirahat.

Saluran pencernaan, khususnya lambung merupakan anggota badan yang paling banyak bekerja dalam tubuh manusia. Makan tiga kali sehari adalah pekerjaan sehari-hari manusia dan itu berarti hampir setiap waktu saluran pencernaan manusia mencerna dan menyerap makanan dan membuang sisanya. Berpuasa sama artinya mengistirahatkan anggota badan yang penting, melindunginya dari kerusakan dan memberinya tenaga baru. Sementara dari sisi lain, cadangan lemak yang sangat merugikan kesehatan manusia menjadi berkurang. Dalam hadis yang lain, Rasulullah Saw bersabda, “Lambung manusia adalah tempatnya segala penyakit dan tidak makan merupakan obatnya.

Ilmu kedokteran modern telah membuktikan bahwa berpuasa efektif mengurai lemak tubuh, mengurangi kegemukan yang membahayakan, tekanan pada tulang pinggang, kerja jantung dan syaraf dan menormalkan saluran pencernaan. Berpuasa juga memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mempersiapkannya menghadapi serangan penyakit.

Tapi yang lebih penting lagi, berpuasa punya dampak positif bagi jiwa manusia. Keterbatasan mengkonsumsi makanan di bulan Ramadhan mengajarkan kesabaran kepada manusia. Salah satu manfaat berpuasa bagi jiwa adalah rasa percaya diri untuk menghadapi segala bahaya fisik, non fisik dan bahkan segala bentuk keterbatasan yang menimpa seseorang. Orang yang berpuasa lebih kuat dalam menghadapi segala
bentuk stres, tekanan kejiwaan dan sosial yang ada di tengah-tengah masyarakat.


Sumber: Horizon Ramadhan 1433 HQ

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s