Hakikat Kaya dan Miskin

rich-and-poor-painting-1366x768

Kaya dalam definisi akhlak dan irfan bukanlah keadaan seseorang yang serba kecukupan, melainkan cara pandang seseorang yang selalu merasa lebih dari cukup. Begitu pula dengan miskin, bukanlah keadaan seseorang yang serba kekurangan, tetapi cara pandang seseorang yang selalu merasa kekurangan.

Bisa saja seseorang kaya harta, namun ia selalu merasa kekurangan, hakikatnya ia adalah orang miskin. Begitu pula seseorang secara materi miskin harta, namun ia selalu merasa dirinya kaya dan merasa cukup. Kenapa tidak? Ia merasa kaya karena diberi kekayaan tak terhingga yaitu keberadaan, ia kaya karena diberi modal menuju kesempurnaan yaitu akal dan fitrah, ia kaya karena diberi oleh Allah swt manusia-manusia suci sebagai panutan dan jalan menuju kesempurnaan.

Ia merasa kaya karena memiliki Imam Husein as dan Sayidah Zainab as, Ia merasa kaya karena memiliki Imam Zaman as yang selalu memperhatikannya dan ia merasa kaya karena memiliki pemimpin mulia sang wakil Imam Zaman as, Sayid Ali Khamenei yang selalu terdepan menentang segala kedzaliman dan menegakan keadilan Mahdawi.

Kaya dan miskin bukanlah sebuah keadaan seseorang, melainkan cara pandang seseorang terhadap keadaan sesuatu. Bisa saja dia kaya, namun hakikatnya ia selalu merasa miskin dan bisa saja ia miskin, namun hakikatnya ia selalu merasa kaya dan bersyukur atas limpahan rahmat dan kasih sayang Allah swt.

Ya, kita semua adalah kaya raya karena memiliki Imam Zaman as yang selalu memperhatikan dan menyayangi kita semua. Kita kaya karena selalu didoakan oleh Imam Zaman as disetiap shalat malam dan shalat fardhu beliau.

Jika merasa miskin, nikmat mana lagi yang kalian ingin dustakan?


Sumber: Ust. Abu Syirin Al Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s