Mengapa Khilafah Hak Prerogatif Allah Swt

tapetus_pl

Manusia dalam berprilaku memiliki dua sisi, sisi lahir dan sisi batin. Sebagaimana artis tanah air yang menampilkan sisi kalem, lembut, perfect dan lainnya didepan kamera dan fans, namun kita tidak tahu sisi aslinya seperti apa. Begitupula capres dan cawapres yang akan dihelat tahun 2019 nanti akan menjadi ajang para calon untuk menampilkan sisi kesempurnaan dirinya kepada masyarakat dan menutupi segala cacat dan kekurangan batinnya yang tidak diketahui oleh siapapun selain dirinya.

Untuk itu kita tidak bisa mengetahui sisi batin seseorang selain penciptanya, Allah swt sang maha mengetahui lahir dan batin.

Karena masalah lahir dan batin hanya Allah swt sang pencipta yang tahu, maka untuk memilih seseorang sebagai Khalifah dimuka bumi adalah hak proregatif Allah swt. Karena manusia tidak memiliki alat untuk mengetahui batin seorang hamba dan yang bisa membawa mereka kepada kesempurnaan, selain Allah swt.

Ketika Khilafah diberikan kepada manusia, apa jaminan seorang yang dipilih itu benar-benar diridhai Allah swt, sesuai keinginanNya dan dan memiliki kapasitas yang mampu membawa manusia kepada kesempurnaan? Karena manusia hanya mengetahui hal lahir saja kecuali manusia yang memiliki akses langsung kepada Allah swt untuk mengetahui urusan lahir dan batin, dan mereka adalah para Nabi dan Rasul.

Contoh yang dipakai didalam ilmu teologi adalah perkara Iman dan kemunafikan adalah urusan hati. Urusan hati, tidak ada yang mengetahui selain Allah swt. Untuk itu, Khalifah adalah urusan Allah swt karena hanya Allah swt yang paling mengetahui kualitas Iman seseorang dan kemunafikan seseorang.

Kesimpulan:

1. Manusia memiliki dua sisi: Sisi lahir dan sisi batin
2. Sisi batin manusia tidak ada yang mengetahui selain dirinya dan Allah swt, begitupula kualitas iman seseorang
3. Khilafah adalah hak prerogatif Allah swt, karena hanya Ia yang mengetahui urusan batin dan kualitas iman seseorang.


Sumber: Ust. Abu Syirin Al Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s