Imam Ali dan Anak Yatim

George Jordac, Penulis Kristen, menukil sebuah kisah, “Ketika saya menulis hikayat ini, air mata saya mengalir dan terjatuh di atas kertas membayangkan cinta Ali as kepada anak-anak, terutama anak-anak yatim. Air mataku membasahi tulisanku. Kisah itu demikian,

Suatu malam Ali as membawa makanan untuk keluarga yang tidak memiliki kepala keluarga. Beliau melihat seorang anak yatim yang tidak bisa diam dan terus menangis. Ali as bertanya mengapa ia menangis. Anak itu berkata, “Anak-anak di gang berkata kepada saya, ‘engkau tidak memiliki ayah‘.”

Ali as berkata kepadanya, “Katakan kepada mereka bahwa Amirul Mukminin, Khalifah Muslimin adalah ayahku.”

Anak itu masih belum bisa diam dan berkata, “Anak-anak itu memiliki kuda yang terbuat dari kayu, sementara saya tidak memilikinya.”

Ali as kemudian mencarikan kayu dan memberikannya kepadanya.

Anak itu begitu gembira dan berhenti menangis. Tapi anak yatim itu tiba-tiba mengingat ayahnya yang telah meninggal. Ayahnya yang sering mengusap kepalanya. Oleh karenanya, ketika melihat kesempatan ada orang yang dilihatnya bisa sedikit mengisi kekosongan ayahnya mulai mencari pelbagai alasan.

Ia mengatakan, “Saya menginginkan kuda yang bisa ditunggangi dan membawaku bergerak ke mana-mana.”

Imam Ali as, pemimpin umat Islam itu kemudian menaikkan anak yatim itu ke atas punggungnya dan seperti kuda beliau bergerak ke sana-sini, sampai anak itu tertidur. Dengan hati yang puas, Ali as menidurkan anak itu di pembaringan dan setelah itu beliau sendiri pergi tidur.”


Sumber: George Jordac. Hekayat Barguzideh, hal 130

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s