Nilai Ilmu dan Buruknya Kikir dan Hasud

71

Ayatullah Sayid Ali Khamenei sebagaimana ulama lainnya dalam kuliah Fiqih dan Ushul Fiqihnya dalam sepekan mengkhususkan sehari untuk menyampaikan syarah atas hadis-hadis akhlak yang berkaitan dengan masyarakat. Sumber hadis berasal dari buku as-Syafi fi al-‘Aqaid, al-Akhlaq wa al-Ahkam dan al-Amali. Kali ini beliau berbicara tentang “Nilai Ilmu dan Buruknya Kikir dan Hasud“.

Manusia paling mulia adalah yang banyak ilmunya. Di sini dijelaskan tentang pentingnya ilmu. Tentu saja pernyataan hadis ini tidak menafikan nilai takwa, perbuatan dan lain-lainnya. Dalam hadis ini diasumsikan bahwa manusia sama dalam hal takwa, perbuatan dan akhlak yang lainnya, di sini orang yang nilainya lebih dari yang lain adalah yang lebih berilmu.

Sementara manusia yang nilainya kurang adalah mereka yang ilmunya lebih sedikit. Tidak ada penjelasan yang paling gamblang tentang nilai ilmu dari ini. Inilah pandangan Islam. Islam sangat menerima masyarakat yang berilmu. Islam, hukum Islam dan sistem pemerintahan Islam dalam segala periodenya berkeinginan untuk mendidik orang-orang pintar dan ilmuwan.

Di antara masyarakat, orang yang memiliki sifat hasud adalah yang paling sedikit menikmati hidup. Bahkan ia tidak dapat menikmati kehidupan, dari kenikmatan biasa, dikarenakan hasud. Dalam diri orang hasud ada rayap yang menutupi pondasi kenyamanan dan kenikmatan lalu mengosongkan dan merusaknya. Bukan kesalahan siapa-siapa. Ini hanya terkait dengan dirinya. Ia harus berjuang melawan sifat hasud yang ada dalam dirinya.

Begitu juga di antara manusia ada yang kikir. Orang kikir dalam kehidupannya tidak dapat merasakan kenyamanan. Seseorang yang memiliki sesuatu dan kikir, sedemikian bergantung pada hartanya, dimana senantiasa merasa khawatir jangan sampai hartanya berkurang, jangan sampai dicuri, jangan sampai hilang, ia tidak pernah merasakan kenyamanan dalam hidupnya.


Sumber: parstoday.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s