Dua Karakter Manusia

710946

Manusia dari sisi kesadarannya terbagi dua: Manusia Waras Penuh dan Manusia Tidak Waras. Yang pertama disebut berjiwa sehat dan yang kedua disebut sakit jiwa.

Manusia Waras bergradasi dan bertingkat tingkat kualitas kewarasannya. Yang paling tingginya adalah manusia sempurna dan terendahnya adalah manusia yang selalu berupaya berpikir logis dalam segala sikap dan tindakannya.

Manusia Tidak Waras juga bertingkat-tigkat kualitasnya. Yang terparah disebut orang gila atau sakit jiwa dan yang terendah adalah yang melakukan segala sesuatu tanpa memfungsikan standar-standar logika.

Ciri ciri Manusia Waras: berpikir logis, ilmiah, realistis, aktif, kreatif, produktif, progresif, responsif, positif, konstruktif, efektif dan solutif atau berorientasi solusi.

Ciri ciri Manusia yang Tidak Waras: Tidak logis, tidak ilmiah, posesif, protektif, regresif, reaktif, destruktif, stagnan, negatif, buang-buang waktu, problem maker atau berorientasi pada masalah.

Jika kepadamu disampaikan suatu informasi lalu kamu olah, check and recheck, kamu timbang baik buruknya, positif atau negatifnya, manfaat dan kerugiannya, sedemikian rupa sampai kamu terima atau tidak setelah kamu lakukan itu semua, berarti kamu masuk dalam katagori waras dan berjiwa sehat.

Jika datang kepadamu informasi kemudian tanpa berpikir lagi kamu langsung berpihak padanya, kamu tidak meneliti lagi apakah itu berita benar atau hoax, bermanfaat atau tidak, punya efek positif atau negatif, dan ternyata pilihanmu berakibat merugikan dirimu dan merusak kenyamanan orang lain, maka saat itu kamu disebut masuk dalam katagori tidak waras atau sakit jiwa.


SumberEza Azerila

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s